Catatan MaHe

This is why i love rain so much.

My home has so many windows. Hampir ke sekelilingnya adalah jendela. Entah apa yang ada dalam benak bokap waktu beliau bangun… cuman yang pasti gue bersyukur banget, karena menurut gue keren. Dengan ukuran rumah yang hanya se uprit, pemandangan jadi ngga kerasa sumpek.
Seperti foto di bawah: Ini adalah ruang tamu, dan sekelilingnya jendela. Tirainya dicopot, lagi di cuci. Jadi keliatan ‘bersih’ banget. Dan gue suka… lebih baik tanpa tirai sih sebenernya.
Dan kalo kita liat dari pantulan kaca lemari, Ruang tengah ini juga sepanjang dindingnya jendela.
Nah, apa hubungannya dengan ujan?
Dulu… pas gue masi kecil, sebelum bokap meninggal, sore hari kita biasa ngobrol-ngobrol di Paviliun, ruang tengah or di ruang tamu. Nah, entah kenapa momen itu selalu aja kebetulan ujan. Dan meski kita ngga lagi ngumpul2 pun…. Gue terbiasa menyaksikan hujan, mau tidak mau. Karena ngga terbatasnya pandangan gue ke luar. Dan gue sering banget ngabisin waktu bengong sendirian duduk di kursi mandangin ujan lewat jendela. Rasanya nyamaaan banget. Entah, gue ngga ngerti… kenapa gue bisa begitu suka dengan hujan? Aromanya, suaranya… tetesan di genteng. Semuanya bener-bener gue hayati dan gue nikmati.
Rumah gue selalu jadi persinggahan semua teman-teman, baik itu temen abang gue, kakak perempuan gue, gue, dan mungkin adek gue sendiri.
Dari dulu, selalu aja jadi base camp kalo lagi ngumpul atau ngobrol-ngobrol. Banyak yang bilang kalo suasana di rumah gue hangat… dan bikin orang betah berlama-lama duduk dan bercengkrama. Meski kadang dulu almarhumah nenek dan uwak gue selalu aja negor karena terlalu banyak orang yang berkunjung ke rumah, padahal nyokap gue si fine2 aja. hehe…
Mungkin karena jendela itu yang bikin mereka nyaman. Kita bisa duduk santai sambil ngamatin lalu lalang orang…
Ah, itulah kenapa gue sangat suka hujan. Dan kenapa gue sampe sekarang selalu berhasrat untuk bisa mendapatkan kostan atau pun tempat yang punya banyak jendela. Karena selalu mengingatkan gue pada rumah dan kenangan indah masa lalu.
Ntar kalo gue bikin rumah, gue pasti bakal pake jendela sebanyak mungkin. 🙂